Digital Menjadi Tren Pemasaran 2018

Digital Menjadi Tren Pemasaran 2018

Digital Menjadi Tren Pemasaran 2018

SEMAKIN meningkatnya pertumbuhan e-commerce akhir-akhir ini berdampak pada metode pemasaran.

Metodenya pun tidak lagi konvensional, tapi menggunakan teknologi sehingga lebih efisien. Untuk itu, dibutuhkan inovasi dalam dunia pemasaran digital agar dapat terus bersaing.

Menurut perusahaan konten marketplace Get CRAFT, para pelaku e-commerce Indonesia perlu mulai menanam investasi dalam native advertising dan konten bersponsor untuk mendiferensiasikan diri dengan kompetitor yang terus bertumbuh di jaringan ritel.

“Di saat e-commerce menjadi semakin lazim, sekadar membangun sebuah situs dagang tidak akan cukup. Perusahaan perlu membuat strategi konten baru yang lebih seru dan mampu menarik para calon pelanggan di luar target pemasaran mereka,” jelas Founder and CEO of Get CRAFT, Anthony Reza, dalam acara Jakarta E-Commerce Night di Jakarta, Kamis (25/1).

Berdasarkan riset Macquarie, April 2017, kata Reza, memproyeksikan kontribusi penjualan ritel digital pada 2020 akan mengalami peningkatan hingga 9% dari total ritel di Indonesia.

Angka itu cukup jauh jika dibandingkan dengan peningkatan yang hanya mencapai 1,6% di 2016.

Tidak hanya itu, menurut survei White Paper yang dilakukan Get CRAFT

yang berjudul Indonesia Native Advertising and Influencer Marketing Report 2018 menjelaskan para pemasar di Indonesia kini lebih memilih menggunakan format native ads daripada cara pemasaran konvensional seperti display meskipun sebagian besar anggaran digital mereka dialokasikan untuk iklan display pada 2018.

“Native ads, terutama konten bersponsor, akan sangat efektif baik untuk konversi

maupun pembentukan identitas brand, memberi ruang untuk brand dalam membangun kredibilitas di antara para calon pembeli potensial sekaligus mampu menjangkau kredibilitas sumber yang dipercaya konsumen,” tambah Reza.

Survei itu juga menunjukkan iklan media sosial berbayar juga muncul

sebagai jenis iklan paling populer dan efektif bagi para pemasar.

Jenis iklan lainnya yang juga populer ialah iklan yang menggandeng influencer marketing dan konten bersponsor lewat media daring.

 

Baca Juga :