Racun yang Pernah Digunakan untuk Membunuh Manusia

Racun yang Pernah Digunakan untuk Membunuh Manusia

Racun yang Pernah Digunakan untuk Membunuh Manusia

Kita semua tentu sudah mengenal kata racun

Tapi sebenarnya ada beda antara kata Toksin, Racun (Poison) dan Bisa (Venom).

Toksin (definisi biologis) adalah zat beracun yang diproduksi di dalam sel-sel hidup atau organisme. Toksin bisa berupa molekul kecil, peptida, atau protein yang mampu menyebabkan reaksi imun

Racun atau Poison adalah zat yang menyebabkan gangguan bagi organisme, biasanya dengan reaksi kimia atau aktivitas lain pada skala molekul, ketika jumlah yang cukup diserap oleh organisme.

Bisa atau Venom adalah toksin yang diproduksi oleh organisme untuk pertahanan diri atau menangkap mangsa. Ini terutama menargetkan salah satu sistem organ (contoh bisa ular adalah antara myotoxic [otot], neurotoksik [sistem saraf pusat] atau hematotoxic [darah]). Biasanya, makhluk berbisa melakukan gigitan, sengatan atau tusukan untuk menyuntikkan bisanya.

Jadi jika anda digigit ular berbisa, maka artinya ular tersebut menyuntikkan bisanya ke tubuh anda yang membuat reaksi beracun pada anda yang disebabkan oleh toksin yang ada pada bisa ular.

Ada banyak zat kimia yang beracun. Berikut 10 racun paling mematikan yang pernah digunakan untuk membunuh manusia.

1. Arsenik

Arsenik telah disebut “Raja Segala Racun”. Zat ini hampir tidak terdeteksi, sehingga sangat sering digunakan baik sebagai senjata pembunuhan atau sebagai elemen cerita misteri. Racun ini dapat dengan mudah menyatu dalam air, makanan dan sejenisnya. Arsenik telah mengambil banyak nyawa yang terkenal: Napoleon Bonaparte, George ke3 dari Inggris dan Simon Bolivar. Pada catatan lain, arsenik, seperti belladonna, digunakan oleh Victoria untuk alasan kosmetik. Beberapa tetes hal membuat kulit wanita menjadi putih.

2. Botulinum Toxin

Jika Anda menonton Sherlock Holmes, maka Anda akan tahu tentang yang satu ini. Botulinum toxin menyebabkan botulisme, kondisi fatal jika tidak segera diobati. Ini melibatkan kelumpuhan otot, yang pada akhirnya mengarah pada kelumpuhan sistem pernafasan yang dapat berujung kematian. Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau dengan menelan makanan yang terkontaminasi. Sekadar informasi, toksin botulinum adalah hal yang sama yang digunakan untuk suntikan Botox!

 

Artikel terkait ;