Samsung Garap Exynos 9820, Kehadirannya Masih Tanda Tanya

Samsung Garap Exynos 9820, Kehadirannya Masih Tanda Tanya

Samsung Garap Exynos 9820, Kehadirannya Masih Tanda Tanya

Seperti Huawei, Samsung juga memiliki divisi pengembangan SoC

dan saat ini mereka sedang mempersiapkan SoC terbarunya, yakni Exynos 9820 yang disebut-sebut akan dibangun menggunakan teknologi proses FinFET 7nm. Selain itu, SoC ini juga diperkirakan akan hadir dengan CPU terbaru, yakni Samsung Mongoose 4 (M4).

Seperti diungkap oleh salah satu tipster teknologi ternama, yakni Ice Universe (@UniverseIce) bahwa Mongoose 4 akan lebih kuat dari ARM Cortex A-76 dan juga lebih hemat energi. Sementara, seperti diakui oleh ARM, CPU Cortex A-76 memiliki clock speed hingga 3,30 GHz dan Mongoose 4 akan berada di atas itu.

Oleh karena itu, Ice Universe sendiri mengatakan bahwa ia mengharapkan Exynos 9820 mampu menghasilkan skor benchmark multi-core via Geekbench di atas 13.000 poin. Jika hal itu benar, tentu saja pencapaiannya akan setara dengan SoC milik Apple, yakni A12 yang dilaporkan telah melewati tes benchmark yang sama pada bulan lalu.

Sementara Samsung mendesain dan memproduksi chipset mobile-nya itu sendiri,

A12 dirancang oleh Apple dan saat ini sedang diproduksi secara massal oleh TSMC menggunakan teknologi proses 7nm. Namun salah satu catatan yang menarik bahwa Apple A12 saat ini mengonsumsi 23 persen lebih banyak energi daripada yang diharapkan.

Tentu saja ini menjadi sebuah masalah yang sudah seharusnya bisa dipecahkan oleh Apple sebelum chipset tersebut diimplementasikan ke dalam tiga model iPhone terbaru yang akan diperkenalkan akhir tahun ini. Sudah barang tentu Apple harus bisa mengatasinya jika tak ingin mendapatkan keluhan dari para penggunanya.

Kembali ke SoC terbaru buatan Samsung, jangan harap kita bisa menemukan Exynos 9820

dengan CPU Mongoose 4 di dalam perangkat apa pun hingga model ulang tahun ke-10 Samsung Galaxy, yakni Galaxy S10. Mungkin saja, Samsung baru menyematkannya ke dalam Galaxy X yang dapat dilipat yang mungkin muncul di MWC 2019 di Barcelona.

 

Baca Juga :