TK Pratistha Kenalkan ”Kotaku”

TK Pratistha Kenalkan ”Kotaku”

TK Pratistha Kenalkan ”Kotaku”

BANDUNG – TK Pratistha sebagai PAUD Holistik Integratif Berdimensi Sosial Budaya dan Ekonomi

(HISBE) percontohan di Kecamatan Mandalajati memperkenalkan perkembangan Kota Bandung kepada peserta didik di Bandung Planning Gallery, Selasa (29/8). Kegiatan tahunan ini bertemakan “Negaraku-Kotaku” dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Dalam kegiatannya, belasan siswa TK Pratistha berkunjung ke Bandung Planning Gallery. Saat tiba, mereka langsung disambut hangat para petugas galeri. Siswa yang sudah memasuki ruangan pun berfoto ria sebelum keliling ruangan.

Petugas menjelaskan satu per satu bagian layar monitor yang terdapat di dinding galeri. Dalam monitor tersebut digambarkan secara gamblang tentang Kota Bandung. Para siswa, termasuk guru, antusias mendengarkan penjelasan guideman. Mulai dari sejarah masa lalu, hingga program pembangunan yang akan dilaksanakan.

Anak-anak pun mendengarkan. Mereka gembira ketika berhenti di spot kamera

. Sejenak ber-welfie ria. Kemudian melanjutkan kembali keliling galeri. Ada 4 spot kamera di dalam galeri. Masing-masing layar berkamera itu dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Siswa diajarkan cara menggunakannya. Foto yang diabadikan disimpan dalam memory screen tersebut.

Suheraneti, Kepala Sekolah TK Pratistha mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini temanya “Negaraku” dengan sub tema “Kotaku”. Sesuai tema, salah satu lokasi yang dipilih yakni Pemkot Bandung. Di mana di area Pemkot terdapat Bandung Planning Gallery dan Taman Balai Kota.

“Dalam kegiatan ini siswa dikenalkan siapa wali kotanya, seperti apa kotanya. Setelah di galeri, kami ke Taman Balai Kota,” kata wanita yang akrab disapa Bunda Neti ini kepada Jabar Ekspres.

Kegiatan Kotaku adalah salah satu kegiatan dari banyaknya program yang dilaksanakan.

Program ini bagian dari upaya sekolah untuk memperkenalkan Kota Bandung kepada siswa agar mereka cinta terhadap kotanya sendiri. Selain kegiatan tahunan, dalam kesehariannya TK Pratistha menanamkan pendidikan karakter, disiplin, tanggung jawab, dan kemandirian siswa.

Seperti membiasakan makan dan minum secara baik dan benar. Di sekolah ini, waktu istirahat pada pukul 10.00 WIB digunakan untuk makan siang. Seluruh siswa makan nasi dan lauk pauk yang telah disediakan di sekolah. Tujuannya, siswa mengenal lauk pauk dan sayur-sayuran.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/